Modifikasi Struktur Penulisan URL Website Dengan .htaccess

Modifikasi Struktur Penulisan URL Website Dengan HtaccessHampir setiap server Apache akan menemukan plugin yang berbeda, salah satunya adalah modul mod_rewrite yang memungkinkan Anda untuk mengarahkan URL sesuai dengan keinginan anda, hai ini dapat di lakukan menggunakan perintah yang sangat sederhana. Modifikasi ulang URL skema sangat cocok untuk pengembang web yang ingin mencoba untuk menyesuaikan situs.

Dalam tutorial Modifikasi Struktur Penulisan URL Website Dengan .htaccess, Kakiteng c Kusuma akan memperkenalkan beberapa perintah dasar, yang Anda butuhkan adalah hosting dengan server Apache yang dapat di install pada komputer lokal atau bekerja di server online.

Bagaimanakah cara kerjanya?

Ketika seorang pengunjung pertama meminta halaman web Anda itu akan terhubung ke web server, server ini kemudian mencari sebuah file bernama .htaccess yang pada dasarnya merupakan file konfigurasi tersembunyi. Di sini kita dapat menulis seluruh rangkaian aturan untuk mencocokkan setiap kali pengunjung yang meminta URL, kemudian menggunakan modul Apache mod_rewrite untuk mengarahkan permintaan mereka di belakang layar dan menciptakan ilusi URL cantik. Sebagai contoh mari kita lihat pada dua contoh URL berikut:

http://www.namadomain.com/product/165/
http://www.namadomain.com/product.php?type=post&id=165

Ini adalah dua URL yang bisa disesuaikan di website Anda, contoh pertama adalah jauh lebih mudah untuk mengenali dan berbagi di website lain, sedangkan yang kedua target file script khusus (product.php) dan menambahkan beberapa data posting. Mari kita melihat ke dalam bagaimana kita bisa mengarahkan URL ini dengan .htaccess.

  • Modifikasi URL Dengan mod_rewrite

Jika ingin mengubah URL dinamis seperti

www.namadomain.com/product.php?id=123

menjadi URL yang lebih statis, user friendly dan seo friendly seperti

www.namadomain.com/product/123

maka Anda dapat menambahkan script berikut pada file .htaccess  :

RewriteEngine on RewriteRule ^product/([^/\.]+)/?$ product.php?id=$1 [L]
  •  Mengakali query string

Website lain bisa jadi memasang link yang mengarah ke website Anda dengan menambahkan embel-embel query string.

Contohnya www.namadomain.com/index.php?source=targetdomain.com. Query string dapat menciptakan masalah duplikasi konten pada website Anda yang dapat merugikan usaha SEO yang Anda lakukan sebelumnya. Untuk mengakalinya Anda bisa menambah sebaris kode berikut pada .htaccess :

RewriteCond %{QUERY_STRING} ^source= RewriteRule (.*) /$1? [R=301,L]
  •  Mengkonversi eksekusi file HTML ke PHP

Apabila Anda memiliki website HTML statis namun suatu ketika Anda ingin menjalankan kode PHP pada halaman HTML tersebut, Anda bisa menambahkan sebaris kode berikut:

AddHandler application/x-httpd-php .html
  •  Menggaanti Halaman Error

Anda bisa mengganti halaman error yang ingin di munculkan pada pengunjung yang mengunjungi invalid link pada Web / Blog Anda. Caranya, pertama silakan upload file 404.php buatan Anda ke direktori public_html, kemudian set default halaman error tersebut dengan menambahkan sebaris kode berikut pada .htaccess :

ErrorDocument 404 http://www.namadomain.com/404.php
  • Redirect Halaman

Satu lagi fungsi .htaccess lainnya adalah mengarahkan (redirect) suatu halaman ke halaman lain, misalnya jika ingin satu.php diarahkan ke dua.php Anda bisa menambah sebaris kode berikut:

redirect 301 /satu.php http://www.namadomain.com/dua.php
  • Mematikan Directory Listing

Menampilkan directory listing pada website bisa jadi salah satu masalah security atau keamanan yang harus diperhatikan, sebab file-file apa saja yang ada di website atau blog Anda bisa diketahui orang lain dengan mudah. Nah, sebaris kode berikut dapat mendisable directory listing pada website atau blog Anda :

Options –Indexes
  • Menyembunyikan Jenis File Tertentu Dari Directory Listing

Jika Anda memutuskan untuk tetap membiarkan directory listing sahabat aktif namun ingin menyembunyikan file yang ada di dalamnya dari directory listing atau search engine, maka anda dapat menyembunyikan jenis file tertentu dengan sebaris kode berikut pada file .htaccess :

IndexIgnore *.gif *.zip *.txt
  • Canonicalization

Trik htaccess paling umum adalah mengetahui apakah halaman home website anda memiliki masalah canonicalization atau tidak, Canonicalization adalah satu website yang halaman homenya memiliki sejumlah format URL yang berbeda. Contohnya:

www.namadomain.com, namadomain.com, www.namadomain.com/index.html, namadomain.com/index.html

Canonicalization tidak bagus untuk SEO pada sebuah website atau blog karena traffik menuju halaman home dihitung sebagai URL yang berbeda, meskipun isinya sama. Anda bisa mengatasi caninicalization dengan menambah script berikut pada file .htaccess, script berikut akan memaksa berbagai format URL anda ke format www.namadomain.com :

Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^namadomain.com
RewriteRule (.*) http://www.namadomain.com/$1 [R=301,L]
RewriteCond %{THE_REQUEST} ^[A-Z]{3,9}\ /index\.html\ HTTP/
RewriteRule ^index\.html$ http://www.namadomain.com/ [R=301,L]

Cukup sekian artikel Modifikasi Struktur Penulisan URL Website Dengan .htaccess, semoga dapat bermanfaat bagi semua pengunjung yang telah membaca artikel ini.

Ayo sebarkan jika kamu suka dengan artikel Modifikasi Struktur Penulisan URL Website Dengan .htaccess dari Kakiteng c Kusuma, langsung aja Like, Share, Tweet atau Plus One sekarang juga...!!!

Comments

  1. By Slamet Sugandi

    Reply

    • Reply

      • By amin

        Reply

        • Reply

  2. Reply

  3. By jester

    Reply

  4. By eko

    Reply

  5. By Alex

    Reply

    • Reply

  6. By Kinoy

    Reply

  7. By panji

    Reply

  8. By Cicilia

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code
     
 

Page Today: 2484 | Visitors Today: 411 | This Month: 13727 | Total: 67193 | IP: 54.196.24.102