Mengatasi BlackBerry Hang JVM Error 102

JVM Error 102Sebenarnya apabila mengalami hang JVM Error 102 pada BlackBerry Anda, biasanya yang sudah pernah mengalami akan segera me wipenya dengan aplikasi seperti BBSAK atau JL_Cmder dan menginstall ulang OSnya. Solusi wipe dengan BBSAK atau aplikasi sejenisnya dan mengisntall ulang OS BlackBerry bisa terjadi lantaran Anda mungkin mempunyai Backup. Apabila Anda mempunyai Backup terbaru solusi tersebut tidaklah menjadi masalah. Tetapi apa yang terjadi apabila Anda tidak mempunyai Backup sama sekali? Mungkin Anda mempunyai Backup an sudah lebih dari 3 bulan yang lalu. Otomatis segala isi data tidak terupdate.

Saya Pernah menemukan kasus ini pada BlackBerry Curve 8520 dan Strom 9500/9530, Pada kasus ini yang terjadi adalah JVM Error 102. JVM Error 102 ini pada dasarnya adalah pesan error yang ditampilkan di layar BlackBerry karena cod file ada y ang corrupt, maka BlackBerry Anda pun tidak berhasil me load file yang corrupt tersebut. Tetapi apabila terjadi pada Anda, jangan coba di wipe dulu cobalah trik sederhana Mengatasi BlackBerry Hang JVM Error 102.

Saya sempat mempraktekkan artikel Tips Menyelamatkan Data BB Saat ” JVM Error 102 “  dan menyarankan agar menggunakan JL_Cmder untuk memperbaiki tapa harus mewipenya.

  • Download aplikasi JL_Cmder v1.9.4 disini lalu install ke PC Anda (untuk Mac tidak tersedia).
  • Siapkan kabel data dan pastikan BlackBerry Anda mempunyai daya baterai yang cukup minimal 50%

Baiklah, sekarang kita mulai langkah-langkahnya:

  1. Asumsinya adalah Anda sudah menginstall software JL_Cmder. Maka hubungkan BlackBerry Anda dengan kabel data ke PC lalu jalankan aplikasi JL_Cmder di PC.
  2. Setelah JL_Cmder terbuka, pilih “Event Log”. Mungkin harus beberapa kali coba untuk sampai terbuka, entah kenapa memang begitu adanya.
  3. Scroll ke paling bawah di log tersebut, dan lihat JVM error 102. Pada baris sebelumnya pasti akan terlihat file apa yang menyebabkan error.
  4. Dari PC, masuk ke Start -> Run lalu ketik “cmd” dan tekan enter
  5. Setelah masuk ke command prompt masuk ke direktori dimana aplikasi JL_Cmder terinstall di PC Anda. Dengan mengetik: cd “C:\Program Files\JL_Cmder\
  6. Ketik perintah untuk membuang file yang corrupt tersebut: javaloader.exe -u erase -f nama_file_yang_error
  7. Setelah selesai, cabut BlackBerry dari PC, dan coba restart. Seharusnya apabila langkah-langkah Anda benar maka BlackBerry Anda akan booting secara normal kembali

Tips ini mudah-mudahan berguna. Tetapi alangkah baiknya lakukan backup minimal 1 minggu sekali agar BlackBerry Anda, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa lebih aman apabila harus di wipe. Simpan selalu backup an Anda di PC.

Sumber : dhe-edogawa.blogspot.com

Comments

  1. By anggar

    Reply

    • Reply

  2. By anggar

    Reply

    • Reply

  3. By Novri

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Page Today:1786 | Visitors Today:631 | This Month:13700 | Total:51920 | IP:54.237.249.10