Memindahkan Aplikasi Android Ke SDCard Tanpa ROOT

Memindahkan Aplikasi Android Ke SDCard Tanpa ROOTBeberapa waktu ini saya di sibukkan dengan kegiatan fotografi yang cukup menyita waktu sehingga tidak sempat untuk posting artikel. Saat menikmati kesibukan itu sempat terjadi musibah kecil yang cukup membuat kesal, Smartphone BlackBerry kesayangan saya raib di curi seseorang yang tidak bertanggung jawab. Berhubung tidak mempunyai Smartphone cadangan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy Ace Plus GT-S7500 Second yang cukup ramah dengan kantong saya.

Dari sinilah saya mengenal dan mempelajari ponsel cerdas dengan sistem operasi android, berhubung saya lama bergelut dengan Smartphone BlackBerry, tentu butuh waktu untuk mempelajari seluk beluk ponsel cerdas yang menggunakan sistem operasi android ini.

Saya mulai mempelajari fungsi dari setiap menu, dan akhirnya saya menemukan sebuah masalah ketika memindahkan aplikasi facebook ke SDCard, kemudian saya mencari solusi agar dapat memindahkan aplikasi facebook ke dalam SDCard tanpa melalui ROOT.

Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, di rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi LINK2SD ataupun APP2SD. Tetapi tidak dengan saya, Selain harus menggunakan akses ROOT, LINK2SD dan APP2SD tidak dapat memindahkan aplikasi sepenuhnya ke dalam SDCard, seperti Aplikasi Facebook, Kakao Talk, dan lain sebagainya. SItus demi situs saya jelajahi, forum demi forum saya jamahi, sampai akhirnya saya menemukan sebuah Tool Apliaksi yang bisa menjawab keinginan saya yaitu memindahkan semua aplikasi yang terinstal di android ke SDCard tanpa akses ROOT.

Berikut langkah-langkah cara memindahkan aplikasi android ke SDCard tanpa akses ROOT :

  1. Download file disini, kemudian ekstrak ke PC dan anda akan menemukan file bernama “Enable Move To SD.bat”.
  2. Pastikan anda sudah menginstal terlebih dahulu driver ponsel ke PC Anda, sehingga PC dapat mengenali ponsel ketika dihubungkan.
  3. Aktifkan USB debugging pada ponsel cerdas anda dengan memberikan tanda centang di Setting -> Applications -> Development -> USB Debugging.
    Khusus untuk ponsel dengan OS Android 4.0 ke atas, Anda dapat menemukan setting USB debugging dengan masuk ke Setting -> Developer Options -> Android Debugging.
  4. Aktifkan instalasi APK dari sumber tak dikenali di ponsel cerdas android anda dengan memberi tanda centang di menu Setting -> Appplications -> Unknown sources.
    Atau Anda pengguna ponsel Android 4.0 ke atas dapat masuk ke menu Setting -> Security -> Device Administration -> Unknown sources.
  5. Anggap semua yang di atas sudah di lakukan, sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel data.
  6. Setelah PC berhasil mengenali ponsel Anda, segera jalankan “Enable Move To SD.bat” yang anda extract tadi.
  7. Selesai.

Sekarang anda dapat memindahkan aplikasi android ke SDCard dengan mudah. Untuk memindahkan aplikasi android dari memori internal ke memori eksternal / SDCard, silakan masuk ke menu “Setting -> Applications -> Manage Applications” Lalu sentuh aplikasi yang ingin dipindahkan dengan memilih tombol “Move to SD card“.

Memindahkan Aplikasi Android Ke SDCard Tanpa ROOT

Cukup mudah bukan?
Selamat mencoba.

Comments

  1. Reply

  2. Reply

  3. By Rayung

    Reply

  4. By clau

    Reply

    • Reply

  5. By akhi

    Reply

  6. By Pury

    Reply

  7. Reply

  8. Reply

  9. By Della

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Page Today: 747 | Visitors Today: 277 | This Month: 11989 | Total: 1595655 | IP: 54.87.128.228