Kelebihan dan Kelemahan Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah suatu gambaran struktur atau pun tata letak computer yang saling terkoneksi antara satu dengan yang lainya, bahkan di dalam topologi jaringan juga terdapat beberapa perangkat jaringan computer yang mendukung koneksi internal (PC to PC), ataupun external (PC to Internet), dsb.

Salah satu fungsi dari Topologi jaringan adalah untuk merencanakan melalui gambaran umum di dalam merancang jaringan computer yang aman, nyaman dan berkualitas (meminimalkan troubleshoot / kesalahan jaringan). Ada beberapa bentuk dan jenis topologi jaringan yang umum digunakan di dalam merancang suatu jaringan computer.

Topologi jaringan terbagi menjadi 5 yaitu :

1.  Topologi Bus

Topologi Bus

Adalah topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

  • Kelebihan

Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node).

  • Kelemahan
  1. Penggunaan kabel sepaksi adalah sulit untuk mengukur apakah kabel sepaksi yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya.
  2. Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan

 

2.  Topologi Cincin / Ring

Topologi Cincin RingAdalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

  • Kelebihan

Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan

  • Kelemahan
  1. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan.
  2. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

 

3. Topologi Star

Topologi StarTopologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi.

  • Kelebihan

Apabila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).

  • Kelemahan

Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke centralpoint.

4. Topologi Tree

Topologi TreeTopologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi.

  • Kelebihan

Dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.

  • Kelemahan
  1. Apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif.
  2. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

 

5. Topologi Mesh / Jala

Topologi Mesh / JalaTopologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.

  • Kelebihan

Topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicatedlinks).

  • Kelemahan

karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports).

Sumber : https://www.google.com/search?q=Topologi+Jaringan+Komputer

Ayo sebarkan jika kamu suka dengan artikel Kelebihan dan Kelemahan Topologi Jaringan dari Kakiteng c Kusuma, langsung aja Like, Share, Tweet atau Plus One sekarang juga...!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AlphaOmega Captcha Classica  –  Enter Security Code
     
 

Page Today: 1127 | Visitors Today: 381 | This Month: 11110 | Total: 19977 | IP: 54.158.25.146